5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Datang Ke Blitar
Nov 14, 2016
539 Views
0 0

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Datang Ke Blitar

Written by

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Datang Ke Blitar – Apa yang ada dipikiran anda ketika berbicara mengenai kota Blitar? Kuliner, rumah bung Karno, atau yang lainnya? Sebagai salah satu kota kecil di propinsi Jawa Timur, memang tidak banyak yang tahu mengenai keistimewaan kota ini. Sebagian besar masyarakat umum hanya mengenal kota Blitar sebagai tempat Lahirnya sang Proklamator Indonesia, yakni Bung Karno, atau bahkan ada juga yang tidak tahu dimana letak kota Blitar. Kota Blitar berbatasan langsung dengan tiga kabupaten lainnya. Kabupaten Malang disebelah Timur, kabupaten Kediri disebelah utara, dan kabupaten Tulungagung di sebelah Barat, sedangkan untuk bagian selatan berbatasan langsung dengan perairan.

Sebagai kota yang berada didaerah pinggiran, memang banyak masyarakat yang enggan untuk berkunjung ke Blitar dengan berbagai alasan. Padahal, jika mau berkunjung ke kota Blitar sedikit lebih lama, anda akan menemukan banyak pesona keindahan yang tidak kalah dengan kota-kota wisata lainnya. Apalagi ada beberapa keunikan yang tidak akan anda temukan di daerah lain. Jika belum yakin, beberapa alasan ini pasti akan membuat anda penasaran untuk berkunjung ke kota Blitar.

  • Pesona Wisata Yang Indah

wisata blitar blitar

Wisata alam di kota Blitar juga tidak kalah dengan daerah lainnya. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa anda wajib berkunjung kesini. Ada berbagai pilihan tempat wisata yang bisa anda kunjungi, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah. Bagi anda yang gemar berwisata alam pilihan yang dapat kunjungi ada pantai Tambakrejo, pantai Peh Pulo, bukit teletubbis, sumber air yang sangat jernih di Rambut Monte, air terjun, perkebunan teh dan masih banyak lainnya. Bagi yang ingin sekalian berwisata budaya, anda bisa mengunjungi Musium Gebang Blitar, dan Makam Bung karno, sedangkan untuk berwisata sejarah anda bisa mengunjungi Candi Prambanan dan Monumen Peta. Bagaimanana, lengkap bukan?

  • Kuliner Yang Menggoda Lidah

kuliner blitar blitar

Jangan kaget ya jika anda akan menemukan kuliner yang aduhai ketika berkunjung ke kota Blitar. Blitar memang terkenal dengan beberapa makanan khas nya yang sangat menggoda, seperti sego pecel, peyek uceng, rujak cingur, wajik kletik, dan geti. Rasanya tidak lengkap berkunjung ke Blitar namun belum mencicipi kuliner tersebut. Anda bisa mencicipi kuliner tersebut di warung dan toko yang berada di berbagai sudut kota Blitar.

  • Keramah Tamahan Penduduknya

Keramahan blitar blitar

Masyarakat Blitar sangat terkenal dengan keramah tamahannya. Siapapun yang berkunjung ke kota Blitar pasti merasa seperti berada di rumah sendiri. Apalagi masyarakat disana masih menjunjung tinggi solidaritas dan saling tolong menolong, sehingga bagi anda yang baru pertama kali berkunjung kesini pun dijamin tidak akan mendapat banyak kesulitan.

  • Belajar Seni Dan Budaya

tarian barong rampog  blitar

Setiap daerah memang memiliki seni budaya tersendiri yang membedakannya dengan daerah lain, begitupun dengan kota Blitar. Blitar ternyata memiliki sebuah tari yang diberi nama Tari Barong Rampog. Tarian ini diciptakan oleh Kholam Shiharta seorang penggemar Vespa. Umumnya tari Barong disajikan bersama dengan kesenian jaranan, namun untuk tari Barong Rampog sendiri merupakan perpaduan antara tari barong dan tradisi Rampogan Macan yang pernah ada di wilayah Blitar pada abad 18-19.

  • Keunikan Ritual Tradisi Adat

GREBEG PANCASILA blitar

Kota Blitar memiliki beberapa upacara adat yang masih dilestarikan hingga kini. Dua diantaranya yang paling terkenal adalah Upacara Grebeg Pancasila dan Upacara Pencucian Pusaka (Gong Kyai Pradah). Upacara Pancasila merupakan suatu acara sebagai peringatan hari lahirnya pancasila pada setiap tanggal 1 juni. Upacara ini berbeda dengan upacara lainnya, sebab pada acara ini terdapat beberapa ritual, seperti upacara budaya, kirap gunungan limo, dan kenduri. Upacara ini hanya dilakukan selama setahun sekali dan tidak dapat anda temukan didaerah lain. Oleh sebab itu, jika tertarik anda bisa berkunjung ke Blitar pada awal bulan Juni.

Baca Juga: Taman Alam Mayang, Rekreasi Memancing Di Alam Terbuka Nan Seru Di Pekanbaru

Berbeda dengan Upacara Pancasila, Upacara Pencucian Pusaka (Gong Kyai Pradah) merupakan upacara tradisional yang dilakukan secara turun temurun pada setiap tahunnya oleh masyarakat Blitar. Setiap kali upacara ini berlangsung, banyak masyarakat yang berdatangan tidak hanya dari kota Blitar, tetapi dari berbagai daerah. Mereka percaya jika air bekas cucian pusaka akan membawa berkah.

Article Categories:
Blitar
Nur Dwi Ratnasari
    http://ndeso-traveller.blogspot.com

    Wanita muda yang sangat mencintai travelling. Lulusan Universitas Muhammadiyah Malang yang baru 1 tahun ini menekuni dunia kepenulisan. Family, travelling, foods and books are some wonderful things which I adore mostly..